Selasa, 24 Januari 2012

Sejenak Di Vihara


Vihara atau biasa dikenal dengan tempat peribadatan umat Budha. Atau juga Klenteng sebagai peribadata umat Konghucu, demikian kalau saya tidak salah menyebutnya, adalah satu tempat yang menarik untuk menjadi objek fotografi. Hingga kemanapun, ketika menemukan bangunan ini tidak akan mensia-siakan, maka kita semua akan segera beerpose agar tidak kehilangan momen terindah.

Dulu, ketika era orde baru masih berkuasa bangunan ini mungkin masih langka. Atau paling tidak walau ada tapi tidak seterkenal sekarang. Tapi setelah orde baru lengser dan digantikan era reformasi, kemudian juga diakuinya umat Konghucu dan dijadikannya Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasional, bangunan ini menjadi terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Coba saja tenggok di daerah kota tua, tepatnya di Petak Sembilan, ketika imlek tiba, bangunan ini akan bersolek. Akan banyak wisatawan hadir disana untuk bersuka ria merayakan imlek. Ada juga sebagian dari mereka datang karena untuk melakukan ritual sesuai dengan keyakinannya.

Tidak hanya di kota tua, klenteng atau vihara ini dikunjungi banyak orang. Hampir disemua tempat, ketika imlek tiba, maka tempat ini menjadi lokasi wisata yang menarik.

Sudah ada beberapa tempat yang aku kunjungi untuk berburu foto menarik, ketika imlek tiba. Tak terkecuali sampai di luar pulau. Iya benar sampai di luar pulau sana, tepatnya di Kalimantan Barat, dimana di wiayah ini banyak saudara-saudara kita yang Tionghoa merayakan imlek, maka ketika berkesempatan untuk bertugas ke wilayah ini, tak disia-siakan untuk berpose di depan sebuah vihara yang sangat megah. Vihara ini berada di tepi jalan, dan kita temui ketika kita hendak menuju ke bandara. Walau singkat tapi, jepretan-jepretan ini menjadikan kenangan tersendiri bagiku.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar