Rabu, 23 Oktober 2013

Menunggu Yang Dinanti

Pagi ini entah mengapa kedatangan bus transjakarta begitu lama. Mungkin bukan hanya pagi ini tapi pagi-pagi kemarin bahkan juga jam-jam lainnya. Jadwal bus tranjarkarta tak pernah pasti, ada kalanya cepat tapi ada kalanya pula harus menunggu begitu lama, seperti pagi ini.

Bus transjarta memang telah memiliki jalur sendiri, tapi seringkali jalur tersebut diserobot oleh pengguna kendaran pribadi. Sayangnya lagi aparat berwenang tidak menindaknya. Sesekali mungkin iya, tapi lebih seringnya diabaikan.

Jalur yang diserobot pengguna kendaraan pribadi hanya salah satu sebab mengapa bus transjakarta begitu lama datang, ada sebab-sebab  lainnya yang harus dipikirkan oleh manajemen, salah satunya adalah manajemen waktu oleh  sopir.

Sopir seringkali tidak bisa mengatur ritme kendaraan yang dikemudikannya. Ketika ia tahu di depan ada bis lainnya, ia akan mengejarnya. Sehingga jaraknya menjadi sangat dekat. Akibatnya kedatangan bis dibelakangnya menjadi sangat lama.

Seharusnya sopir bisa menjaga ritme kendaraannya agar tidak terlalu dekat dengan bis yang ada didepannya dan tidak terlalu jauh dengan bus yang ada dibelakangnya. Toh bus transjakarta kan bukan kopaja atau metromini atau angkot yang selalu dikejar setoran. Bus transjakarta sudah punya sistem sendiri, maka seharusnya pula pengemudinya bisa lebih banyak belajar.

Hal yang lebih penting sebenarnya ada ditingkat manajemen sebagai pengendali. Sayangnya manajemen bus transjakarta hingga saat ini masih amburadul, terlihat dari pelayanannya yang tiap hari makin mengecewakan. Entah sampai kapan warga negeri ini dapat merasakan transportasi masal yang nyaman dan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar