Rabu, 23 Oktober 2013

Hujan Turun Sore Tadi

Hujan baru saja turun sore tadi. Menyiram daun-daun di taman. Membasahi bumi tuk memberikan kesegaran. Walau hanya sesaat hujan telah menghapuskan debu di atas genting. Hujan juga telah menebarkan udara dingin dimalam ini.

Aku selalu menikmati hujan yang turun. Lamunanku membawa ke masa lalu, masa kecil penuh dengan kedamaian dan kebahagiaan.

Dulu, ketika hujan turun aku akan meminta ijin kepada ayahku untuk bermain hujan bersama dengan kedua adikku. Dengan alasan mandi sore, aku akan mengajak adikku bermain air hujan. Berlari kesana kemari penuh dengan keriangan.

Dilain waktu aku akan menikmati hujan dengan tidur siang. Berada dibawah selimut tuk mencari kehangatan. Aku akan bangun ketika ayah memanggilku dan menyuruhku mandi sore. Tak lupa air panas sudah disiapkan.

Habis mandi biasanya aku akan berada di depan tungku, tempat orang tuaku memasak. Aku mencari kehangatan disana. Jika sedang musim jagung, aku berada di depan tungku sambil bakar jagung. Atau  membenamkan singkong yang siang tadi aku ambil dari kebon deket rumah.

Tapi itu semua sudah berlalu. Kini aku hanya bisa mengenangnya dan merindukan masa-masa itu. Masa-masa indah ketika masih anak-anak. Masa-masa belum punya beban dan tanggung jawab.

Masa kanak-kanakku memang tak seindah yang kuharapkan. Tapi paling tidak banyak saar-saat bahagia yang bisa kukenang. Dan ingin aku ulang kembali.

Kini, ketika hujan turun, seringkali lamunanku melayang pada masa-masa itu. Masa indah waktu kanak-kanak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar