Minggu, 15 Februari 2015

Semangat

Akhir-akhir ini ada satu kata yang sering aku sampaikan pada kelompok-kelompok yang aku dampingi, yaitu 'kemauan' atau 'semangat'. Dengan ada semangat semua rintangan yang dihadapi akan dengan mudah disingkirkan.

Kata ini sering aku lontarkan ketika kita bicara soal Usaha. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar mengatakan hambatan utama yang dihadapi dalam memulai usaha adalah modal atau uang. Padahal sebenarnya hambatan utama adalah kemauan atau semangat. Kenapa bisa demikian? Ya..... karena di desa banyak sekali potensi yang bisa diolah. Potensi-potensi inilah yang bisa dijadikan modal usaha untuk diolah berdasarkan kreatifitas masing-masing.

Persoalan yang dihadapi adalah masyarakat tidak mau sedikit repot untuk mengolah potensi yang ada menjadi barang jadi. Mereka cenderung menjualnya dalam bentuk mentah yang tentu saja nilai jualnya sangat rendah bila dibandingkan dengan dijual dalam bentuk jadi.

Beberapa alasan yang diberikan kenapa mereka tidak mau mengolah menjadi barang jadi yaitu karena tidak punya ketrampilan. Selain itu juga mereka mengatakan tidak tahu kemana akan menjual barang jadi tersebut. Ada juga yang menyampaikan terlalu lama menunggu uangnya, lebih baik yang praktis dan cepet saja.

Sebenarnya alasan-alasan itu akan mudah dipatahkan kalau sudah bicara tentang semangat atau kemauan. Sekali lagi, jika sudah ada kemauan pasti segala rintangan atau halangan bisa disingkirkan.

Terkait dengan ketrampilan dan pemasaran, hal tersebut bisa dipelajari bukan? Kalau ada kemauan pasti juga akan ada usaha kemana mencari ilmu untuk bisa nengolah barang mentah menjadi barang jadi. Atau belum tentu juga selama ini mereka tidak punya ketrampilan. Jangan-jangan mereka sudah punya ketrampilan, hanya saja kurang mengasah dan menggunakannya. Demikian juga dengan pemasarannya, kalau produk yang dihasilnya sudah unik dan berkualitas tentu akan banyak dicari orang.

Maka satu kata yang harus terus dipelihara agar dapat mencapai apa yang diinginkan adalah kemauan dan semangat. Dua kata ini akan menyingkirkan segala rintangan yang ada. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar